Mini Water Pump – Pompa Air Mini Beragam Fungsi

Techno – berbeda dengan pompa air pada umumnya, fungsi pompa air mini sama sekali tidak bisa dijadikan sandaran utama sumber air dalam kebutuhan rumah tangga. Pompa air ini biasanya berfungsi sebagai pompa air untuk mengalirkan air ke akuarium, kolam ikan, taman, pancuran dan lain-lain. Salah satu pompa air mini yang cukup laris di pasaran adalah Mini Water Pump. Kemajuan teknologi yang kian berkembang membuat berbagai macam bentuk teknologi bermunculan untuk mendukung kebutuhan sehari-hari kita. Muncul nya Mini Water Pump ini merupakan jawaban akan keresahan beberapa orang yang membutuhkan sumber air skala kecil, membeli mesin air yang besar malah akan membuat biaya menjadi lebih mahal. Untuk itulah muncul mesin pompa air kecil yang bersifat portable bisa dibawa kemana-kemana dan praktis.

Mini Water Pump memiliki desain yang kecil dan minimalis. Pompa air ini masuk dalam kategori pompa air fleksibel karena desain nya yang sangat kecil yaitu hanya berukuran sekitar 92 x 46 x 35. Karena ukurannya yang sangat kecil, pemasangan pompa air mini ini relatif cukup mudah, bahkan anda tidak perlu memancing hisapan awal untuk membuat pompa air ini berfungsi.

Selain itu, karena ukurannya yang kecil, pompa air mini ini tidak menggunakan listrik yang besar. Tercatat daya listrik yang dibutuhkan mesin pompa air mini ini hanya 12 volt saja saat digunakan dan 6 volt saja saat tidak digunakan.

fungsi pompa air kecil ini juga beragam. Memang tidak bisa digunakan untuk keperluan pompa air tanah dan sumur, namun untuk urusan skala kecil selain itu, pompa air mini ini bisa dugunakan dengan baik dalam berbagai kebutuhan. Pompa air ini bisa menjadi pompa air untuk kebutuhan sehari-hari dalam jumlah kecil, bisa digunakan sebagai pengairan akuarium, pompa untuk pancuran kolam, pompa air untuk teras dan taman, dan kebutuhan lainnya yang memerlukan pompa air skala kecil.

Baca Juga :  Tips Memilih Pompa Air Sesuai Kebutuhan

Proses Pembuatan Pompa Air Mini

pompa air mini

Mekanisme kerja dan teknologi untuk membuat mini water pump memang terbilang sangat sederhana bahkan dapat di tiru dan dibuat versi kita sendiri. Kalian hanya membutuhkan Motor DC 12 Volt jenis 775, Oversock pipa PVC, tutup pipa PVC, lem AB, dan plat logam. Untuk proses pembuatannya dapat di lihat sebagai berikut:

  • Potong sebagian kecil bagian oversock dan tutup pipa PVC.
  • Beri lubang pada tutup pipa PVC.
  • Buat klep dari ban dalam bekas
  • Buat kipas pompa yang terbuat dari plat logam’
  • Pasang connecting shaf untuk sambungan pada lubang kipas tadi dan solder agar tidak terlepas
  • Membuat saluran keluaran pada oversock pipa PVC dan lem menggunakan Lem AB.
  • Pasang oversock dan sambungkan ke pipa dan pompa air mini siap digunakan.

Mini Water Pump buatan ini cocok untuk penggunaan air skala kecil, pada kolam ikan misalnya. Terkadang untuk merawat agar ikan tetap sehat, perlu menjaga kualitas air dan kolamnya, air pada kolam yang tidak arinya tidak mengalir bukan habitat alami dari beberapa jenis ikan, dan lama kelamaan akan mati. Untuk itu perlu dipasangkan alat pompa air mini untuk mengatur air yang berada di kolam, selain itu dengan adanya pompa air tersebut juga akan memudahkan pemilik untuk membersihkan dan mengganti airnya.

Teknologi ini sudah cukup lama dikenal dan sudah banyak tersedia di pasaran, bagi kalian yang berminat membeli alat ini bisa mendatangi toko peralatan elektronik atau toko yang khusus menyediakan alat pompa air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *