Tips Memilih Pompa Air Sesuai Kebutuhan

Techno – air adalah sumber kehidupan, ketersediaan air untuk kebutuhan sehari-hari merupakan hal yang paling dibutuhkan tiap orang di dunia. dalam keseharian, ada banyak sekali kebutuhan hidup yang melibatkan air, mulai dari memasak, mencuci, mandi, dan keperluan sehari-hari lainnya. Memang air di bumi sangat melimpah, namun sumber air terbaik khususnya di indonesia saat ini adalah air yang dialirkan oleh pemerintah melalui PDAM, selain bersih air PDAM juga terawat oleh tim-tim ahli pemerintahnya, hanya saja kita harus membayar tiap bulan untuk mendapatkan air bersih ini, selain itu sebaran jaringan yang belum merata membuat hingga saat ini baru sekitar 25% rumah tangga yang menggunakan air PDAM. Salah satu solusi yang populer di masyarakat untuk keperluan air bersih yang murah dan terjangkau adalah pemanfaatan sumur atau air tanah sebagai sumber air utama. Hal ini membuat pemakaian pompa air di Indonesia masih sangat dominan karena kebanyakan memang masih memanfaatkan air tanah sebagai sumber air. Ada banyak sekali jenis pompa air yang bereda di pasaran, yang terkadang membuat bingung orang awam kebanyakan. Agar tidak salah beli, berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli pompa air:

  1. Kedalaman air

Sebelum membeli pompa air, ukurlah terlebih dahulu kedalaman air yang hendak anda manfaatkan. Ukurlah kedalaman dari permukaan air hingga dasar sumur dimana pompa akan dipasang. Cara mengukur kedalaman sumur bisa menggunakan tali yang diikatkan pemberat, atau kalau sumur tidak terlalu dalam bisa menggunakan bambu atau kayu. Namun sebaiknya jika anda kesulitan mengukur kedalaman sumur, silahkan tanya pada ahlinya.

  1. Spesifikasi pompa air

Kedalaman sumur bisa menjadi tolak ukur spesifikasi pompa air seperti apa yang anda butuhkan. Untuk kedalaman air kurang dari 7 meter, kalian bisa memilih menggunakan pompa dangkal baik otomatis maupun non-otomatis. Untuk kedalaman 7-9 meter seharusnya menggunakan pompa semi jet pump untuk sumur dangkal. Untuk kedalaman 20-30 meter atau sumur bor, gunakan pompa berkekuatan tinggi Jet Pump.

  1. Debit air.

Selain spesifikasi kekuatan pompa, debit air yang dihasilkan tiap jam pada pompa air juga perlu kalian perhatikan. Untuk ini kalian bisa menanyakan langsung kepada penjual debit air per jam yang bisa dihasilkan oleh pompa tersebut, kemudian perkirakan apakah dengan debit air sebanyak itu sudah bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari rumah tangga anda.

  1. Daya listrik

Mengetahui daya listrik yang digunakan itu penting. Mesin air adalah salah satu alat yang harus dinyalakan secara berkala untuk menjaga ketersediaan air. Kasus listrik mati karena tegangan yang terlalu tinggi sangat sering terjadi saat pompa air dinyalakan. Pompa air biasanya bedaya listrik 200 watt, semi jet pump berdaya listrik 250 watt. Perhitungkan apakah daya listrik di rumah mencukupi untuk memasang pompa jenis jet pump atau tidak.

  1. Budget

Yang paling penting adalah sesuaikan dengan kondisi ekonomi masing-masing. Saat memiliki uang berlebih, belilah pompa dengan kualitas dan fungsi terbaik, namun perlu di ingat mahal bukan berarti efektif untuk menyediakan air yang banyak. Terkadang pompa yang mahal memiliki daya hisap yang masih kalah dengan pompa dengan harga yang lebih murah. Yang membuat mahal sebuah pompa air terletak biasanya pada kualitas lilitan motornya, yang berpengaruh pada lama tidaknya umur pompa tersebut.

Baca Juga :  Mini Water Pump - Pompa Air Mini Beragam Fungsi

pompa air

Paling tidak 5 pertimbangan ini sudah bisa menuntun anda untuk memilih pompa air yang terbaik sesuai kebutuhan anda, garis bawahi kalimat sesuai kebutuhan karena itu adalah kunci nya agar tidak salah beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *