Ini Cara Mengatasi Masalah Speaker Aktif Polytron Tegangan Drop

speaker aktif polytron tegangan drop
Salah satu masalah pemilik device ini adalah speaker aktif Polytron tegangan drop.

Buat penggemar musik, penggunaan speaker tak terbatas hanya untuk mengeluarkan lagu atau musik yang diinginkan dengan suara keras. Pada dasarnya, speaker memang memang berfungsi memproses file audio dalam keluaran atau output berupa suara. Namun, sekadar mengeluarkan suara saja ternyata tidak cukup. Karenanya, saat ini penggunaan speaker aktif pun cukup menjadi perhatian, khususnya untuk yang ingin mendapatkan pengalaman mendengarkan musik yang berbeda di rumah.

Speaker aktif sebenarnya merupakan perpaduan antara speaker pasif dan amplifier sehingga penggunanya bisa lebih praktis melakukan pengesetan suara sesuai yang diinginkan. Output suara yang dikeluarkan pun berbeda karena speaker aktfif dapat mengatur voltase dan arus daya sehingga suara yang dikeluarkan akan lebih lantang dan bertenaga. Speaker aktif kini juga lebih disukai karena lebih hemat daripada harus membeli speaker pasif dan amplifier secara terpisah.

Jadi, tak heran kalau sekarang banyak produsen speaker yang merilis speaker aktif ini, termasuk pemain lokal seperti Polytron. Namun, ternyata penggunaan speaker aktif ini jjuga tak luput dari masalah. Speaker aktif Polytron ternyata sering mengalami masalah tegangan drop. Masalah speaker aktif Polytron tegangan drop ini biasanya terjadi karena ada masalah di power suply-nya. Namun, bisa juga terjadi karena permasalahan di bagian lain. Karena itu, untuk mengatasinya, langkah berikut ini bisa dilakukan agar speaker aktif Polytron milikmu bisa berfungsi normal.

  1. Ganti power suply-nya

Untuk mengetahui apakah speaker aktif kamu mengalami kerusakan di power suply atau bukan, kamu bisa cek apakah ada bunyi seperti mencicit dari power suply speaker aktif Polytron? Jika ada, kemungkinan ada kerusakan di power suply. Cara mengetahuinya bisa dengan melepaskan jumper power suply yang menuju ke power amplifier-nya. Jika saat dilepas tegangannya menurun menjadi 25 V, ada kemungkinan power amplifier atau power suply-nya rusak.

Kalau sudah begitu, power suply bawaan dari Polytron bisa diganti dengan trafo biasa. Penggantian trafo biasa bisa menggunakan peralatan berikut, yaitu trafo, solder, timah, avo meter, penyedot timah, dan kabel. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai salah memasang kabelnya. Jalur elko ke diodanya harus dicek apakah sudah berurutan, yaitu dari positif ke negatif. Jangan lupa juga utnuk mengecek kembali tegangan power amplifier-nya setelah penggantian selesai.

Jika setelah penggantian trafo power suply masih tidak menyala, ada kemungkinan terjadi kesalahan pemasangan kabel dan jalurnya. Kalau speaker aktif tegangannya langsung drop padahal saat penggantian sudah normal, biasanya tekanan trafonya masih terlalu kecil. Karena itu, otak-atik lagi sampai melewati normal, misal dari 5 menjadi 10.

  1. Periksa transistor final

Transistor final yang cepat panas juga bisa menyebabkan masalah speaker aktif Polytron yang tekanannya drop. Karena itu, pastikan menempelkan pelat pendingin di transistor agar tidak terjadi hubungan pendek di transistor final. Meski begitu, indikator transistor final yang sudah diganti berfungsi dengan baik adalah pelat pendingin mulai panas. Tapi, kalau langsung panas, berarti ada masalah dengan transistor finalnya.

Memperbaiki transistor final di amplifier sebenarnya tidak sulit, namun harus dilakukan dengan teliti. Pertama, pastikan transistor final sudah dilepas terlebih dahulu. Lalu, coba berikan tegangan yang sesuai dan ukut output-nya. Jika DC terukur berlebihan, berarti ada komponen yang rusak di sana. Jika tanpa transistor final amplifier sudah bisa mengeluarkan suara saat terhubung ke speaker, berarti selanjutnya barulah penggantian transistor final. Pastikan kembali untuk selalu mengukur tengangan AC dan DC-nya sebelum dihubungkan ke speaker.

  1. Periksa kerusakan komponen lain

Bukannya tidak mungkin ada kerusakan pada kabel yang putus atau bagian solder yang retak sampai meleleh. Hal ini juga bisa menyebabkan tekanan drop di speaker aktif Polytron. Bahkan, tombol on dan off-nya saja bisa tidak berfungsi karena panas yang berlebihan. Kalau masalahnya karena kerusakan komponen ini, berarti perlu dilakukan penggantian komponen agar speaker aktif Polytron kembali berfungsi normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *