Berikut Kelebihan dan Kerugian Kompor Tanam yang Patut Diketahui

Kompor dalam perkakas dapur adalah suatu yang wajib, ada beberapa jenis kompor yang bisa kamu gunakan salah satunya adalah kompor tanam. Kompor tanam sangat cocok digunakan jika design dapur tidak berubah-rubah atau ukuran dapur memang tidak terlalu besar. Sebelum mengetahui kelebihan dan kerugian kompor tanam, kamu harus mengetahui jenis dan cara memilih  kompor tanam. Kompor tanam sendiri terdiri dari kompor tanam induksi dan kompor tanah LPG.

Bentuk kompor tanam induksi biasanya terlihat lebih flat dan lebih elegan dengan dilengkapi tombol touch screen. Kompor tanam jenis induksi ini bekerja menggunakan daya listrik.  Untuk kompor tanam LPG tentunya menggunakan gas sebagai energinya. Tentunya dengan fasilitas dan kemampuan dan jenis kompor tanam yang berbeda, maka harga jenis kompor tanamannya pun berbeda.

Berikut Kelebihan dan Kerugian Kompor Tanam yang Patut Diketahui

Selanjutnya, sebelum membeli kompor tanam, berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan:

  • Perhatikan Merk Kompor Tanam

Sebelum membelinya, tentukan merk berkualitas mana yang akan kamu beli. Bandingkan kelebihan dan kekurangan setiap merk kompor tanam. Jika di lingkunganmu sebagian besar menggunakan jenis kompor tanam dengan merk tertentu, maka sebaiknya kamu menggunakan merk yang sama karena itu akan sangat membantu dalam hal perbaikan masalah atau lainnya,

  • Harga Kompor Tanam

Lihatlah keuanganmu sebelum membeli kompor tanam. Jika ada beberapa merk kompor tanam dengan harga yang sama, maka kamu harus kembali mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari setiap merk.

  • Tersedianya Garansi

Saat membeli kompor tanam, sebaiknya kamu melihat apakah ada garansi atau berapa lama berlakunya garansi produk tersebut. garansi saat penting jika dikemudian hari kompor tanammu mengalami masalah ataupun kerusakan.

  • Ukurannya yang Pas Untuk Dapur Anda

Setelah menentukan merk dan harga, pertimbangkan juga ukuran kompor tanam yang akan dibeli. Jangan sampai ukuran kompor tanam yang dipilih tidak cocok untuk desain dapurmu. Jadi, pilihlah ukuran kompor tanam yang sesuai dengan ukuran dapur agar nyaman ketika memasak.

Setelah mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli kompor tanam, berikut kelebihan dan kekurangan kompor tanam yang harus kamu ketahui :

kerugian kompor tanam

Kelebihan Kompor Tanam

Dapur menjadi Elegan

kerugian kompor tanam

Posisi kompor tanam yang tidak bisa dipindah-pindah membuat dapur menjadi lebih rapi dan elegan. Hal tersebut juga bisa membuat dapurmu menjadi terlihat lebih besar dari biasanya.

 Aman digunakan

Dengan posisi yang di tanam, selang kompor tanam juga akan berada di dalam cabinet. Hal tersebut lebih aman dari jangkauan anak. Selain itu, apabila kompor tanam mengalami kebocoran gas, maka kompor tidak akan menyala.

Mudah dibersihkan

Karena posisi kompor yang hanya terlihat atasnya saja serta beberapa yang berbentuk flat, maka akan mempermudah dalam membersihkan kompor tanam tersebut.

Kekurangan Kompor Tanam 

Posisi Permanen

Ukuran dapur yang sempit biasanya membuat pengguna mendesain dapurnya dengan desain yang permain.  Posisi kompor tanam yang tidak bisa diubah diubah biasanya akan mempersulit jika desain dapur akan diubah. Selain itu, jenis kompor tanam mengharuskan pengguna menyesuaikan jenis peralatan memasak yang sesuai dengan jenis kompor tanamnya.

Pemasangan Kompor Tanam yang Agak Susah

Karena posisinya yang di tanam, membuat pemasangan kompor tanam menjadi lebih sulit dibandingkan dengan kompor biasanya, sehingga untuk pemasangannya sebaiknya meminta bantuan kepada ahlinya.

Harganya Lebih Mahal

Harga kompor tanam lebih mahal dibandingan dengan kompor biasanya. Hal tersebut dikarenakan kelebihan dan fasilitas yang didapatkan dari penggunaan kompor tersebut.

Kaca Pecah

Jika saat masak, kompor tanam kaca sering mengalami ketumpahan air panas atau peralatan dapur sering jatuh di atas kompor maka bisa mengakibatkan kompor pecah.

Kompor tanam memang mempunyai desain modern dan cocok untuk memperindah dapurmu, namun tentu saja harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya dan dalam hal perawatannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *