Menentukan Jenis Pompa Air Pompa Air Daya Hisap 200 Meter Untuk Sumur Bor

Techno – Sumber mata air yang umum ada di setiap rumah tangga di indonesia adalah sumur. Kalau biasanya sumur berbentuk lubang besar untuk bisa diambil menggunakan timba, belakangan muncul jenis sumur bor yang berukuran kecil dan tidak bisa di ambil dengan menggunakan timba. Sumur bor dibuat menggunakan bor dan mesin khusus untuk melubangi tanah. Kelebihan sumur bor ini adalah ruang yang dibutuhkan tidak begitu besar sebesar sumur pada umumnya bahkan sumur bor bisa dibuat di dalam rumah berdekatan dengan dapur atau kamar mandi.

Dalam memilih pompa air, pertimbangan kedalam air berpengaruh terhadap pompa air yang digunakan. pertimbangan memilih pompa air untuk sumur bor secara umum hampir sama dengan memilih pompa air sumur pada umumnya, hanya saja pertimbangan spesifikasi yang tepat harus sesuai dengan kondisi dan lokasi sumur bor. Untuk sumur bor sebaiknya memakai  

Sumur bor sendiri memiliki dua jenis tingkatan kedalaman, yaitu sumur bor dalam dan sumur bor dangkal. Sumur bor dikatakan dalam apabila memiliki kedalaman 10 meter, maka dengan kedalam tersebut tidak efektif menggunakan pompa air dengan spesifikasi untuk sumur dangka, begitupun sebaliknya.

Jika sumur melebihi kedalaman 9 meter, mesin pompa air membutuhkan tambahan mesin jet pump yang berguna untuk memperkuat daya hisap dan daya dorong dari pompa air yang berjenis pompa air daya hisap 200 meter. Pompa air sumur dalam pun terbagi menjadi 2 yaitu pompa air jet pump dan pompa air submersible. Secara rinci berikut penjelasannya:

  1. Pompa jet pump sumur dalam

Jenis pompa air ini merupakan jenis pompa yang paling banyak digunakan rumah tangga di indonesia, baik sumur besar maupun sumur bor. Pompa jenis jet pump ini memiliki batas maksimal hanya hingga 60 meter. Untuk teknik pemasangannya sendiri tidak begitu berbeda dengan jenis pompa air dangkal, yang membedakan adalah instalasi pipa hisap nya yang menggunakan 2 jalur, dimana salah satu pipa berfungsi sebagai jet atau pendorong air menuju pipa hisap.

Baca Juga :  Rekomendasi Merek Pompa Air Listrik Terbaik

Hanya saja, jenis pipa ini membutuhkan daya listrik yang sedikit lebih besar dibandingkan pompa air dangkal, karena menggunakan motor eletrik dengan power yang lebih besar dari pada type pompa air sumur dangkal. Beberapa mereka yang menyediakan pompa air sumur dalam jet Pump yaitu Sanyo dan Shimizu.

  1. Pompa air submersible

Jenis pompa air ini juga biasa di sebut pompa air benam, sesuai sebutannya pompa air ini dibenamkan kedalam air dalam pemasangannya. Pemasangan pompa air ini cukup sulit karena mesin betul-betul berada di dalam air. Selain itu lebih berpotensi rusak apabila dinyalakan pada kondisi tidak memiliki air.

Karena mesin dibenamkan ke dalam air, spesifikasi pompa air ini tidak memiliki daya hisap namun daya dorong nya sangat kuat, dengan menyesuaikan kekuatan daya dorong mesin terhadap kebutuhan debit air yang diinginkan pengguna.

Prinsip kerja pompa air submersible sangat berbeda dengan jenis pompa air jet pump atau pompa air sumur dangkal. Jet pump bekerja dengan menghisap air dan menyalurkannya ke instalasi pipa sementara pompa air submersible hanya mendorong air dengan kekuatan yang cukup kuat.

Pompa Air Daya Hisap 200 Meter

Kelebihan menggunakan pompa ini ialah sangat cocok diterapkan pada jenis sumur bor karena ukuran mesin dan ukuran sumur bor cukup proporsional. Karena mesin air yang dibenamkan ke bawah, menggunakan mesin ini akan meminimalisir suara bising dari mesin air. Selain itu karena hanya berfokus pada daya dorong, pompa air submersible ini bahkan bisa menjangkau hingga kedalaman 200 meter.

Mengetahui kedalaman sumur bor adalah kunci untuk memilih sumur bor yang sesuai, jika memiliki uang yang cukup banyak, kalian boleh memilih pompa air submersible karena lebih efektif dan terhindar dari suara bising, namun bagi kalian yang memiliki budget terbatas, memilih pompa air jet pump sudah lebih dari cukup.

Baca Juga :  Tips Memilih Pompa Air Sesuai Kebutuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *